Selasa, 12 Juli 2011

Tips menghadapi masalah ala gue

Oke gue mau serius dulu di tulisan ini.mungkin ada yang bertanya kenapa tiba-tiba gue ngebahas ini.
jadi semua bermula dari beberapa minggu lalu, gue habis punya masalah. Pokoknya itu masalah bikin gue susah tidur & bikin gue ngga nafsu makan. Tiap gue inget masalah itu, bawaannya pengen banting barang aja ato kadang suka geleng-geleng kepala sendiri ngga pengen inget masalah itu. . jadi kayak orang depres. But, after gue bisa nyelesain masalah itu, depresnya ilang gitu aja. Dan gue balik ke diri gue dengan hidup kembali tenang
<!--more-->
nah disini gue mau share tips menghadapi masalah . Semoga bisa berguna & ampuh yah hehehe,
lets cekidot !

1. ketika dapet sebuah masalah.cari deh tempat yang enak buat menyendiri. entah itu kamar kalian sendiri, atau kalo situasi lagi ngga mendukung bisa di kamar mandi.
Ketika kalian ngga bisa cerita sama siapa-siapa soal masalah kalian , satu-satunya yang bisa jadi pendengar adalah diri kalian sendiri. Nah disini, akan ada dialog antara ada hati dan pikiran buat mensikronkan masalah apa yang kita punya & gimana cara nyelesainnya.

2 a) ini buat yang tingkatan masalahnya ringan.
tenangin pikiran kalian. stabilkan mood& emosi.dengan cara, yaa,bisa dengan dengerin
musik santai, joget-joget kek, dan lain-lain ,pokoknya cari aktivitas2 yang bisa mnyegarkan pikiran
   b) buat yang masalah nya berat banget sampe bikin kita nangis.
ketika kita ngga bisa ngungkapin sesuatu dan tertahan jadi emosi, berbaik hatilah dengan membiarkan diri kalian menangis. percaya deh, sehabis puas-puasin nangis, hasilnya kita agak lebih lega.( itu kenapa tadi gue menyarankan buat cari tempat buat menyendiri)

3) sekarang tinggal cari jalan gimana cara nyelesainnya. Disini pikiran kalian akan lebih jernih di banding sebelum nangis & penenangan pikiran tadi. Karna Kenapa?.Orang yang dalam keadaan emosi , baik itu lagi marah ataopun sedih, bahkan terlalu senang pun, mereka ngga akan bisa berfikir jernih. karena emosinya yang ngga stabil.Nah, nangis & penenangan pikiran itu salah satu cara menstabilkan & mengeluarkan emosi- emosi yang berlebihan.
Jadi setelah agak lega, tarik nafas kalian ,pejamkan mata,flashback kembali awal kalian dapet masalah ini . urutkan kejadiannya, dan cari penyelesainnya. oiya janganl upa sugestiin ke hati kalian, gini :" GUE PASTI BISA LEWATIN INI"
4) Jangan lupa berdoa, minta petunjuk sama tuhan . karna biarpun kalian yang punya usaha tapi tetep tuhan loh yang punya keputusan. Inget itu. ato bisa kalian setelah beribadah sampaikan masalah kalian kepada tuhan ketika berdoa, mohon penyelesaian masalahnya, jadi curhat ya gapapa.
Ini termasuk terapi hati yang paling baik loh, kalo dilaksanain dengan keikhlasan dan ketulusan hati.

5) masih belum ketemu juga gimana nyelesain masalahnya
. cari orang yang kalian anggap bisa memberi saran untuk menyelesaikan masalh nya. kalo bisa , orang nya netral , yang ngga berpihak, ato yang ngga suka nge judge orang.
tapi nantinya ,bakalan hati & pikiran kalian sendiri kok yang menilai ,layak nggaknya saran orang yang kalian pengen ikutin itu.

6) God luck, yah! masalah itu jangan diambil pusing . tapi pikir positifnya.karna:
pertama ,masalah itu memberikan kita pelajaran berharga
kedua ,masalah itu menguji kekuatan mental kita
ketiga , masalh itu juga melatih kita, untuk meningkatkan sugesti positif kita saat menghadapi masalah.

oke sekian tips menghadapi masalah ala gue, semoga bermanfaat. (Gue baru sadar pas gue baca ulang tulisan  ini,ternyata  gue banyak pake kata baku ). hehehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar